Jangan mudah terjebak mitos tentang latihan pelangsingan tubuh. Jika ingin memiliki tubuh bugar, lakukan olahraga dengan baik tanpa mengabaikan aturan yang ada.

Perbanyak informasi agar tak menjadi korban kesalahpahaman manfaat kebugaran. Memahami mitos seputar kebugaran menjadi penting demi meraih manfaat maksimal dan kesehatan jangka panjang.

Salah satu yang sering menjadi perdebatan adalah, bolehkah berolahraga dalam kondisi perut kosong? Ahli kebugaran Nawaz Modi Singhania, mengatakan bahwa olahraga cukup menguras energi.

Itu artinya sangat tak disarankan melakukan olahraga tanpa makan terlebih dahulu. “Melakukan olahraga saat perut kosong akan mempercepat rasa lelah, bahkan sebelum tubuh membakar lemak,” ujarnya.

Tapi, melakukan olahraga saat perut penuh juga tak dianjurkan. Yang terbaik adalah mengasup makanan sekitar satu jam sebelum memulai latihan. Pilih makanan sehat yang ringan, seperti buah-buahan atau biskuit.

Berikut beberapa mitos seputar kebugaran lainnya yang cukup populer, seperti dikutip dari laman Times of India.

Olahraga di pusat kebugaran lebih sehat
Alat kebugaran mahal bukan jaminan. Segala bentuk kegiatan yang menguras tenaga seperti bersepeda, menari, jogging, dan berenang, sama baiknya dengan olahraga di pusat kebugaran. Yang penting adalah komitmen untuk melakukannya secara rutin dan fokus pada kebutuhan.

Bisa langsing instan seperti iklan
Instruktur kebugaran yang menjanjikan penurunan berat badan dalam beberapa minggu bisa jadi benar. Namun, itu mustahil jika tak disertai dengan disiplin dari diri sendiri. Perlu kesabaran, disiplin diet atau pola makan, serta komitmen dengan jadwal olahraga rutin jika ingin mendapat tubuh ideal.

Banyak keringat makin sehat
Keringat hanya sebuah sarana melepaskan panas tubuh demi menjaga suhu tubuh dalam kondisi normal. Olahraga terlalu keras demi memperbanyak keringat justru bisa menyebabkan cedera. Yang penting adalah mengistirahatkan otot saat merasa lelah.