Dalam suatu program latihan olahraga prestasi yang lengkap massage/pijat/lulut haruslah merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan, baik dalam masa persiapan sebelum memulai suatu aktifitas latihan biasa, sebelum pertandinganataupun bagaimana mencegah serta mengurangi kelelahansetelah mengikuti suatu program latihan yang berat. Ada kalanya massage mungkin membantu seorang atlit untuk mencapai suatu prestasi, dalam hal ini massage dapat menambah penyaluran bahan-bahan makanan ke otot-otot yang vital sehingga dapat merupakan usaha tambahan yang bermanfaat.

* Massage Ketika Persiapan Pertandingan (Latihan)

Pada masa latihan atau persiapan pertandingan, massage berfungsi untuk merangsang dan membantu proses pelemasan otot karena yang diperlukan merupakan stimulasi dan bukan relaksasi.

Seluruh proses tersebut seharusnya memakan waktu tidak lebih dari 1 – 1,5 menit dan proses ini seharusnya dapat membuat atlit bisa merasa lepas dan menggeleyar pada daerah yang di massage, semua gerakan-gerakan pijat-nya haruslah dilakukan secara cepat dan menyeluruh.

* Massage Ketika Pertandingan

Tentang peranan massage yang dilakukan ketika sedang melakukan suatu pertandingan sampai saat ini masih banyak diperdebatkan, ada yang berpendapat bahwa sebaiknya massage tidak dilakukan karena hal ini akan mempengaruhi daya kerja dan kesiapan otot serta mengurangi tingkat energi. Akan tetapi ada juga yang berpendapat bahwa massage sebaiknya dilakukan, karena ada kalanya stress dan rasa gelisah yang melanda seseorang yang akan bertanding akan dapat ditolong melalui massage yakni dengan maksud untuk menenangkan dan menimbulkan kepercayaan diri.Untuk mengambil jalan tengahnya, apabila akan dan bisa dilakukan sebaiknya gerakannya tidak dilakukan terlalu dalam dan tidak lama dengan jenis jenis pijat yang bersifat penenangan.

* Massage Setelah Pertandingan atau Aktifitas Berat

Peranan Massage setelah suatu aktifitas yang berat atau p ertandingan sering dilupakan, padahal hal tersebut sangatlah tepat dilakukan dan akan sangat bermanfaat karena Massage akan membantu usaha untuk pemulihan dan penyegaran serta akan mengurangi kekakuan yang mungkin terjadi setelahnya